Penggunaan DD T.A 2023 di Desa Lumut Maju diduga ditilep

Investigasi968 Dilihat

TAPTENG, Lidiknews.com|Program penggunaan anggaran dana desa di desa Lumut Maju, Kecamatan Lumut Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara terindikasi ada dugaan penyelewengan sebagian penggunaan anggaran dana desa di beberapa program pelaksanaan kegiatan.

Hal ini di ungkap oleh salah satu warga desa Lumut Maju inisial M.f membeberkan di awak media Lidiknesw .com tentang, program pembangunan jalan usaha tani rabat beton desa dan pelaksanaan program pembentukan tapal batas desa yang di duga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya(RAB).

” Bahwa, pekerjaan pembangunan jalan usaha tani rabat beton di dusun satu tidak sesuai pelaksanaannya, yang seharusnya pekerjaan kegiatan di mulai tanggal 13 juni tahun 2023 , ironisnya baru di laksanakan pekerjaannya pada bulan enam tahun 2024 , itupun tidak selesai masih kurang 50 meter lagi kekurangannya .

 

Ketgam. kondisi pekerjaan jalan Usaha Tani yang masih terbengkalai.

 

“Seharusnya panjang 307.000 meter lebar 2, 00 meter dari pagu anggaran Rp.216.300.000 – bebernya.

” Hal ini juga di ungkapkan oleh salah satu warga masyarakat Desa Lumut Nauli inisial S.A (41) juga menyampaikan di awak media ini bahwa, terkait pembangunan jalan usaha tani dusun satu di desa lumut Maju sudah pernah di ingatkan oleh Dinas Inspektorat Kabupaten Tapanuli Tengah, agar pekerjaan jalan Usaha Tani rabat beton itu di kerjakan dalam waktu dua Minggu sudah harus selesai, tapi sampai sekarang 50 meter lagi belum selesai ,” ujarnya

media Lidiknesw.com bersama tim ke desa lumut Maju membawa data perbandingan Dana Desa TA. 2023 sampai dengan TA.2024 hasil laporan di Kemendes realisasi . anggaran Dana Desa Lumut Maju untuk pembangunan jalan usaha tani, rabat beton yang terletak di dusun satu belum selesai di kerjakan di tahun 2023 .

Anehnya lagi, pembangunan infrakstruktur jalan usaha tani dianggarkan lagi pada tahun 2024 di dusun satu dengan dana Rp.80.000.000 di dusun dua Rp. 152.365.000.

Kepala Desa Lumut Maju Faatulo Ndraha saat di konfirmasi melalui via Handphon.0812xxxx00 WhatsApp pada Minggu 16/6-24 terkait dugaan tersebut ,mengatakan maaf pak saya tidak bisa sampaikan hari ini, karena saya kurang sehat ‘ kalau sudah bisa bawak kereta pak saya kabari.


KAPERWIL SUMUT |Kennedi Fransisko Pakpahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *