Kanwil Kemenkumham Sultra Gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila, Silvester Pakai Baju Adat Adonara Lamaholot Flores Timur

Terbaru22 Dilihat

Kendari -Lidiknews.com. Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” di halaman Kanwil Kemenkumham Sultra, pada Sabtu (01/06/2024).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenkumham Sultra) Silvester Sili Laba, bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan Mengenakan Pakaian Adat Adonara Lamaholot Flores Timur sangat berkesan dan sangat mendalam di lubuk hati Silvester sapaan akrab Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara dimana selama mengabdi belum pernah di setiap upacara memakai pakaian adat ciri khas nilai-nilai luhur budaya di Adonara Flores Timur

Upacara ini diikuti oleh seluruh Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Struktural dan Fungsional, serta seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Sultra.
Dalam amanatnya Kakanwil membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, yang mengatakan bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia,” ujar Kakanwil.

Lebih lanjut, Kakanwil mengajak seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sultra untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

“Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan,” terang Silvester

Kakanwil juga mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai Pelaku utama pembangunan bangsa. Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi.

Mengakhiri amanatnya, Silvester mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. “Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutupnya

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, serta meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Sultra. Dengan semangat Pancasila, mari kita bersama-sama Menuju Indonesia Emas 2045.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *