Kades Batu Jaya : Infrakstruktur Di Desa Prioritas Utama Dalam Kepemimpinannya.

Terbaru22 Dilihat

Konsel – Lidiknews.com|Pemerintah Desa Batu Jaya giat meningkatkan infrakstruktur di desanya untuk kesejahteraan Masyarakatnya ,terkait penggunaan anggaran dana desa tahun 2024, hal ini di katakan saat di di wawancara oleh awak media ini di kediamannya .

Untuk di ketahui bahwa,Desa Batu Jaya merupakan salah satu desa yang terletak pesisir laut di Wilayah Kecamatan Laonti Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Konawe Selatan merupakan salah satu Kabupaten pemekaran dari Kabupaten Konawe , desa Batu Jaya merupakan desa terpencil dan terisolasi ,sehingga akses menuju desa tersebut menggunakan jalur lewat laut dengan menggunakan perahu mesin (Katingting)

Setelah Kabupaten Konawe Selatan berdiri sendiri jadi kabupaten induk Konawe Selatan sejak di Nahkodai seorang Bupati H Surunuddin Dangga, infrakstruktur akses jalan mengalami kemajuan walaupun secara bertahap, termasuk infrakstruktur akses jalan menuju Desa Batu Jaya walaupun belum di aspal.

Alhamdulillah sekarang ini akses jalan darat sudah ada, sudah di lalui baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat warga masyarajat desa Batu Jaya dan Masyarakat desa tetangga,” ucap Kades Batu Jaya Repelita.

,” Lanjut mengatakan Desa Batu Jaya berjumlah kurang lebih 100 kepala Kelurga dan mata pencaharian masyarakat bersumber dari hasil laut, sehingga boleh di katakan 100% profesi mereka sebagai Nelayan, adapun di darat mereka hanya sebagai petani musiman hanya fokus pada tanaman jangka panjang saja ,” ujarnya.

Untuk menunjang perekonomian sebagai Nelayan, Repelita selaku Kepala Desa Batu Jaya, Tahun 2024 ini, untuk kegiatan Ketahanan pangan telah menganggarkan Bahan Baku Perahu Fiber Nelayan yang tersebar di semua Dusun, Bibit pohon Pala dan bibit pohon Durian yang merupakan salah satu program Pemda Konsel.

Selain bantuan di bidang Ketapang, penerima. BLT, sebanyak 10 orang KPM .

Sedangkan untuk pembangunan Infrastruktur Jalan seperti Pembukaan Tani sepanjang 240 M, dan Lebar 4 M, yang terletak di Dusun 2, Dusun 3, dan Dusun 4, serta ada pemeliharaan Talud penahan Ombak sepanjang Kurang lebih 400 Meter.” ujarnya

Kades Batu Jaya Repelita semenjak, semenjak menahkodai 3 Periode Desa Batu Jaya, Kebijakan Pemerintah Pusat terkait Dana Desa, sangat membantu Pembangunan di Desa untuk Peningkatan Sumber Daya Masyarakat, sebagaimana yang di sampaikan saat di temui awak media ini.

” Saya selaku Kepala desa dengan adanya dana desa ini, sangat membantu masyarakat khususnya masyarakat Desa Batu Jaya, yang kami Wujudkan di Desa, dan kami mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam mengembangkan Usaha yang di miliknya walaupun secara bertahap, dan menopang program Pemerintah di Desa, tentunya Pemerintah Daerah tinggal melihat seberapa persen Desa tersebut membutuhkan anggaran .

“Olehnya itu, saya selaku Pemerintah Desa Batu Jaya ,kami benar benar berterimakasih pada Pemerintah Pusat maupun Daerah yang telah menganggarkan Dana Desa dan di rasakan di seluruh pelosok Indonesia walaupun itu daerah terpencil dan terisolasi, sehingga saya berharap Pemerintahan ke depan ini, kiranya Program Dana Desa tetap berkelanjutan.

Laporan.lias / Pimpred

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *