DPRD Provinsi Sultra Akhirnya Keluarkan Surat Rekomendasi Hasil RDP Terkait Dugaan Susu Kadaluwarsa.

Perisitiwa102 Dilihat

Lidiknews.com. Kendari|Permasalahan kasus dugaan penjualan Produk Susu Lactogen 2 yang sudah kadaluwarsa di Swalayan Marian Mart kota kendari pada tahun 2023 .yang menyebabkan seorang anak umur 2 tahun saat setelah meminum susu lactogen 2 tersebut, korban di larikan ke rumah sakit Hermina Kota Kendari

Sehingga orang tua korban mengadu ke Pihak Marina Mark untuk bertanggung jawab bahwa susu lactogen 2 yang dia beli sudah kadaluwarsa.

Karena tidak ada etikat baik dari Pihak Marina Mart untuk menyelesaikan masalah ini secara baik baik terpaksa saya melaporkan di penegak hukum Polresta Kendari.

Karena tidak ada tindak lanjut laporan saya akhirnya saya meminta bantuan pendampingan melalui Lembaga AP2 dan ormas Tapak kuda bersatu dan pengacara terkait permasalahan ini, sehingga di sepakati untuk menyurat di DPR Provinsi untuk Rapat dengar Pendapat ( RDP)

Melalui komisi IV, DPR Provinsi Sultra, di laksanakan RDP pertama pada hari selasa tanggal 19 maret 2024 ,di pimpin lansung oleh ketua Komisi IV Sudirman namun tidak ada kesimpulan karena pihak Marina Mart tidak hadir saat itu.alasan ke luar daerah.

Sehingga DPR Provinsi Sultra agendakan RDP kedua pada hari selasa tanggal 26 maret 2024 , dengan materi pokok pembahasan terkait produk susu kadaluarsa Lactogen 2 , Swalayan Marina Mart ,dalam rapat dengar pendapat tersebut Komisi IV DPR Provinsi,menghadirkan dua lembaga Aspirator yakni Lembaga AP2 Sultra dan Forum tapak kuda bersatu , keluarga korban susu kadaluarsa ,serta perwakilan dari Marina Mart.

Komisi IV DPR Provinsi dalam RDP tersebut turut menghadirkan dari Pihak Balai Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sultra, Badan Penyelesaian sengketa konsumen( BPSK),Perwakilan dari Rumah Sakit Hermina, serta dari Polresta Kendari .

Rapat dengar pendapat tersebut kedua bela pihak tidak mendapatkan titik temu/ kesepatan damai, sehingga Komisi IV DPRD Provinsi Provinsi Sudirman berjanji akan mengeluarkan rekomendasi ke Dinas terkait .

Karena Ibu korban tidak sabar menungguh janji janji sudah dua bulan lebih di janjikan,bahwa rekomendarsi tersebut sudah di meja Ketua DPR Provinsi tinggal menunggu di tanda tangan ,akhirnya ibu kandung korban pada tanggal 10 juni 2024 ,menggeruduk kantor DPR Provinsi di dampingi Ketua Lembaga AP2 dan Ketua Forum tapak Kuda dan anggotanya.saat DPR Provinsi sedang melaksanakan rapat Paripurna dengan Pemda Provinsi di hadiri Pj Gubernur Sultra.

Momen tersebut tidak di sia siakan oleh ibu Mariani selaku ibu kandung korban susu kadaluwarsa sambil teriak sehingga menjadi perhatian publik, meminta agar DPR Provisi mengeluarkan rekomendasi yang sudah lebih dua bulan di janjikan untuk keadilan anak saya sehingga hari itu juga rekomendasi di keluarkan di tanda tangani oleh ketua DPR provinsi Sultra di tujukan ke dinas terkait untuk proses selanjutnya.

Adapun 3 Poin rekomendasi yang di keluarkan oleh DPR Provinsi Sultra yakni :

1.Meminta pada BPOM Kendari dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Sultra,untuk lebih memaksimalkan pengawasan dab sosialisasi kepada pemilik usaha dan masyarakat tentang bahaya peredaran Produk makanan olahan kadaluarsa.

2 .Meminta BPOM Kendari agar mengeluarkan hasil kesimpulan temuan di lapangan untuk menjadi salah satu acuan penegak hukum dalam memproses permasalahan tersebut.

3 .Meminta Badan Penyelesaian sengketa Konsumen ( BPSK) Sultra, untuk memperoses perkara yang di maksud menggunakan Arbitrase tersebut di berikan pada pemohon ,termohon dan DPR Provinsi Sultra.

Ibu Mariani Saat di Wawancara oleh awak media ini setelah menerima rekomendasi tersebut dengan singkat mengatakan alhamdulillah pada hari ini saya bersyukur pada yang maha kuasa sehingga rekomendasi telah di keluarkan oleh DPR Provinsi untuk keadilan anak saya, ini semua atas perjuangan teman teman dari AP2 dan Forum tapak kuda bersatu dan Ormas KAS, serta rekan rekan media yang mendampingi masaalah ini.

Bahkan ibu Mariani juga berterima kasih dapat bertemu dengan Bapak PJ Gubernur Sultra di DPR Provinsi Sultra saat usai mengikuti rapat Paripurna bersama OPD sambil menceritakan masaalah yang menimpa anak saya korban susu Kadaluwarsa yang di beli Swalayan Marina Mart Kota Kendari.


          Lias|Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *